SMK Model Embrio Akademi Komunitas Pacitan

Mon, 09/10/2012 (All day)

Pacitan --- Peletakan batu pertama pembangunan SMK Model/Rujukan di Pacitan merupakan langkah awal pendirian Akademi Komunitas (AK) di Pacitan. SMK yang diberi nama SMK Negeri 2 Pacitan ini dibangun dalam masa transisi pelaksanaan amanat undang-undang pendidikan tinggi. Oleh karena itu, pembangunannya tidak langsung berstatus Akademi Komunitas, tapi melalui SMK. Karena administrasi anggaran pembangunannya masih berada di Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah. "Nanti setelah jadi AK, baru statusnya akan menjadi perguruan tinggi," ujar Menteri Nuh, saat memberi sambutan pada acara peletakan batu pertama pembangunan SMK Rujukan Pacitan, Minggu (9/9).

Pacitan menjadi lokasi pendirian AK pertama yang nantinya akan menjadi model pembangunan AK di 19 lokasi lainnya. Namun pendirian AK lainnya nanti tidak melalui SMK, melainkan langsung berstatus Akademi Komunitas.

AK di Pacitan yang menelan biaya Rp50 miliar ini, akan membidangi beberapa program studi. Diantaranya perhotelan, kelautan, dan industri. Dengan adanya AK yang berbasis sumber daya lokal diharapkan dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja yang lebih baik.

"Anak-anak Pacitan sudah punya keahlian mengolah sumber daya. Dengan AK mereka jadi lebih terampil untuk menjadi tenaga kerja," kata Mendikbud. Anak-anak yang nanti belajar di AK, bisa melanjutkan pendidikannya ke politeknik untuk jenjang hingga S1. (AR)